Pentingnya Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Sebagai manusia dewasa kita tahu pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Kita akan sangat membutuhkan kesehatan, karena kita memahami bahwa hal ini akan sangat mempengaruhi segala aktifitas jika kesehatan kita terganggu. Pada dasarnya kesehatan itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu kesehatan jasmani dan kesehatan rohani (jiwa dan raga). Kesehatan jasmani yaitu kesehatan yang berhubungan dengan fisik. Semua bagian tubuh yang saling berhubungan dengan kondisi yang normal bisa dikatakan bahwa ia sehat jasmaninya. Biasanya bisa dilihat secara kasat mata jika seseorang (laki-laki), berbadan tegap terlihat bersih dan rapih dan segala yang dilakukannya dapat dikerjakan dengan baik.

Berikutnya adalah kesehatan rohani yang berhubungan dengan jiwa atau kejiwaan seseorang seperti akal dan pikiran. Jika hatinya nyaman dan tenang maka dapat dikatakan bahwa ia mempunyai rohani yang sehat. Kesehatan rohani berguna saat seseorang menyelesaikan masalah, ia dapat berpikir dengan jernih, tidak grasak – grusuk, tidak mudah emosi. Dalam kehidupan sehari – hari sehat rohani akan terlihat gampang bergaul, berkomunikasi, mengontrol diri, santai, damai dan senantiasa beribadah menurut agamanya.

Untuk dapat hidup dengan normal, kita harus dapat menjaga kesehatan rohani dan jasmani. Sebab, perlu diketahui keduanya saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Contohnya jika bagian tubuh anda merasa sakit, maka hati anda secara tidak langsung akan merasa sedih dan kecewa. Begitupula jika pikiran anda terganggu maka tubuh akan bereaksi bahwa ada sesuatu yang salah. Efeknya bisa saja tubuh anda menjadi lemas, tidak bergairah dan mudah terjangkit penyakit.

Agar kita bisa menjaga kesehatan rohani dan jasmani, di bawah ini ada tips untuk pola hidup sehat yang bisa anda aplikasikan dengan mudah, diantaranya:

  1. Rajin beribadah
    Beratnya kehidupan anda bahkan pada saat terpuruk, satu-satunya tempat mengadu hanya Tuhan yang Maha Esa.
  2. Selalu berpikiran positif
    Banyak kesulitan, cercaan, masalah dapat mempengaruhi pikiran anda. Selalu berpikir positif adalah salah satunya agar bisa memecahkan masalah dengan baik.
  3. Pola tidur yang teratur
    Pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor yang menumpuk bisa mengganggu jam tidur anda. Usahakanlah untuk tidur tepat waktu dan tidurlah secukupnya, tidak berlebihan.
  4. Makanan yang bergizi
    Kita pasti ingat akan menu empat sehat lima sempurna. Nasi, lauk-pauk, sayuran, buah dan susu wajib hadir dalam menu anda.
  5. Rajin berolahraga
    Tubuh segar dan stamina kuat gampang didapat dari tubuh yang sering berolahraga. Jika waktu anda tidak cukup untuk olah raga yang berat, maka sempatkan waktu untuk push up, sit up, atau jalan kaki di pagi hari.
  6. Minum suplemen atau multivitamin yang cocok dengan tubuh jika perlu
    Waktu tidur yang terganggu, stamina yang menurun adalah hal yang dapat mengganggu aktifitas. Pada saat itulah anda membutuhkan tenaga bantuan suplemen dan multivitamin. Tetapi ingat, lakukan hal ini hanya pada saat anda membutuhkannya.

Sesibuk apapun luangkanlah waktu untuk menjaga stamina dan pikiran anda. Jika hal ini dilakukan hari ini dan seterusnya, maka anda akan mendapatkan keuntungannya saat ini juga dalam jangka waktu yang lama. Selain anda, orang yang dekat dengan andapun akan merasakan efek positifnya. Anda terjauh dari stres dan hidup secara normal, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *